Sensor QCM  

Posted by: Yuana Farida in

Sensor QCM (harga sekitar US $2.8 - 3.2)
   QCM (Quartz Crystal Microbalance) merupakan sensor yang sering digunakan untuk sebagai alat penciuman elektronik (electronic nose) untuk mendeteksi berbagai karakteristik aroma. Sensor ini dapat diaplikasikan untuk mendeteksi berbagai gas-gas berbahaya yang beracun yang berbahaya apabila dideteksi menggunakan hidung manusia. Selain itu juga dapat diaplikasikan dalam bidang kesehatan, makanan, dan keamanan.

   Salah satu contoh aplikasi sensor ini adalah penemuan  Dr Muhammad Rivai ST MT yang menciptakan penciuman elektronik dengan biaya kurang dari 10 juta. Penciuman elektronik buatan Indonesia ini mempunyai sensor yang dapat mengenali, mengidentifikasi dan menganalisa 32 jenis aroma. Diantaranya aroma apel, melati, dan peppermint. Dosen Teknik Elektro ITS  ini berharap alat tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan industri rokok, makanan dan minuman, hingga dunia kesehatan.
(sumber: http://koran.republika.co.id/berita/32119/Dosen_ITS_Ciptakan_Alat_Sensor_Aroma).



Struktur QCM
QCM memiliki kuarsa berbentuk disk yang disebut AT-cut yang diapit oleh sepasang elektroda, masing-masing pada sisi yang berlawanan. Pada bagian atas salah satu sisi dilapisi lapisan aktif yang biasanya terbuat dari polymer.
Gambar Struktur QCM


Prinsip Kerja


     Kristal kuarsa piezoelektrik yang dipaksa oleh oscillator circuit untuk bergetar pada frekuensi karakteristik, yang disebut frekuensi resonansi. Nilai frekuensi resonansi ini bergantung pada karakterik kristal dan pada lapisan polimer.
     Kemudian gas disuntikkan (dalam banyak kasus dengan aliran dikontrol) secara langsung pada lapisan permukaan yang sensitif. Ketika gas menyentuh lapisan tersebut, molekul yang diserap dalam lapisan sensitif. Hal ini menyebabkan variasi massa sensor dan  pergeseran frekuensi resonansi. Perkiraan konsentrasi gas adalah hasil dari pengukuran pergeseran frekuensi ini.
Gambar Prinsip QCM
Persamaan Sauerbrey, yaitu persamaan yang berhubungan dengan perubahan massa per unit area di elektroda QCM:

This entry was posted on Thursday, October 14, 2010 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar

Post a Comment