Sensor LPG  

Posted by: Yuana Farida in

Sensor gas LPG merupakan sensor yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas LPG, melalui keberadaan senyawa propane dan butane yang memang terdapat dalam gas LPG. Sensor gas LPG memiliki sensitifitas yang tinggi dan waktu respon yang cepat dalam mendeteksi gas LPG.

Cara Kerja
Skematik rangkaian dalam sensor
Dalam sensor ini terdapat 6 pin, 4 digunakan untuk menangkap sinyal sedangkan 2 lainnya untuk aliran pemanas.Sensor terdiri dari tabung keramik mikro berbahan AL2O3, lapisan sensitif SnO2(Tin Dioxide), elektroda pengukur dan kawat pemanas yang dibungkus dalam jaris besi dan plastik. Ketika molekul gas menyentuh permukaan lapisan sensitif SnO2 , maka satuan resistansi dari kawat pemanas (heater) akan mengecil sesuai dengan konsentrasi gas. Sebaliknya, jika konsentrasi gas menurun akan menyebabkan semakin tingginya resistansi kawat pemanas (heater) sehingga tegangan keluarannya akan menurun. Dengan demikian perubahan konsentrasi gas dapat mengubah nilai resistansi sensor dan juga akan mempengaruhi tegangan keluarannya juga, hal inilah yang dijadikan acuan bagi pendeteksian gas LPG.
Bagian-bagian sensor LPG

Contoh sensor LPG
  • MQ-6
Harga : $3.96-S4.96
Manufaktur: Hanwei (www.Hwsensor.com)
pdf: 
http://www.sparkfun.com/datasheets/Sensors/Biometric/MQ-6.pdf




  • HS 133

Harga: 107.28-159.60 EEK
 Pdf:
http://www.cpu.com.tw/kh/sensor/gas/hs133.pdf



  • TGS 2610

 

This entry was posted on Saturday, September 25, 2010 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar

Post a Comment