Mengenal Sensor  

Posted by: Yuana Farida in

Sensor merupakan suatu tranduser yang digunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Pada dunia nyata, sensor biasanya digunakan untuk mendeteksi perubahan pada lingkungan, baik secara fisik,kimia,bahkan biologi -- sehingga dapat dilakukan proses pengukuran, controlling dan proteksi.

Tranduser
Tranduser berasal dari bahasa latin "tranducere" yang artinya mengubah. Sehingga tranduser dapat diartikan sebagai alat yang dapat mengubah suatu energi ke bentuk energi lainnya. 
Sedangkan Menurut William D.C (1993), tranduser adalah sebuah alat yang digerakkan oleh suatu energi di dalam sebuah sistem transmsi, akan menyalurkan energi tersebut ke dalam bentuk yang sama atau ke dalam bentuk yang berlainan ke sisstem transmisi berikutnya. Transmisi energi ini bisa berupa listrik, mekanik, kimia, opik (radiasi) atau thermal (panas). Contohnya generator, merubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Jenis-jenis sensor
  • Sensor fisika
Sensor fisika digunakan untuk mendeteksi perubahan yang bersifat fisik dan berkaitan dengan hukum-hukum. fisika.Contoh sensor fisika adalah sensor cahaya, sensor suara, sensor gaya, sensor tekanan, sensor getaran / vibrasi, sensor gerakan, sensor kecepatan, sensor percepatan, sensor grafitasi, sensor suhu, sensor kelembaban udara, sensor medan listrik/magnit, dll.
  • Sensor Kimia
Sensor kimia dapat mendeteksi jumlah suatu zat kimia dengan cara mengubah besaran kimia menjadi besaran listrik, dapat melibatkan beberapa reaksi kimia. Contoh sensor kimia adalah sensor pH, sensor Oksigen, sensor ledakan , dan sensor gas.
  • Sensor Biologi
Contoh sensor biologi adalah:
- sensor pengukuran molekul dan biomolekul: toxin, nutrient, pheromone.
- sensor pengukuran tingkat glukosa, oxigen, dan osmolitas.
-sensor pengukuran protein dan hormon

This entry was posted on Sunday, August 29, 2010 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar

Post a Comment